Keluarga dan Teman-temanku
4.4.08
Bab 3
My Family and Friends
Tujuan :Setelah menyelesaikan kegiatan ini diharapkan :
- Siswa dapat mengenal karakteristik lingkungan sosialnya, baik di rumah maupun di sekolah
- Siswa dapat memahami keunikan tiap individu
- Siswa dapat memahami dan menghargai perbedaan di lingkungan sosialnya
Manusia tidak dapat hidup sendiri, karena manusia adalah mahluk sosial yang membutuhkan orang lain. Untuk dapat bertahan hidup, manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya. Lingkungan sosial mencakup lingkungan keluarga, teman-teman sebaya, sekolah, kemudian lebih luas lagi adalah lingkungan masyarakat. Untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial, maka seseorang dapat belajar mulai dari lingkungan keluarga terlebih dahulu sebagai lingkungan terdekatnya.
1. Keluargaku
Pada umumnya dalam suatu rumah tinggal keluarga inti yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Namun ada pula rumah yang ditinggali oleh keluarga besar, yaitu adanya kakek, nenek, paman, bibi, dan lainnya. Setiap orang yang tinggal dalam sebuah keluarga perlu untuk saling menolong dan mendukung satu sama lain agar dapat menjalani kehidupan keluarga yang harmonis. Untuk itu pengenalan akan setiap anggota keluarga menjadi hal yang sangat penting.
Kegiatan 1
Sebutkan nama-nama anggota keluarga yang tinggal di rumahmu berikut usia, hubungan keluarga (misalnya kakak, adik, nenek), ciri khas atau sifat (misalnya badannya tinggi, pendiam, senang ngobrol), dan hobi (misalnya membaca, main basket, memasak) masing-masing! Bila kamu tidak mengetahuinya, tanyakanlah pada mereka sebelum mengisi kolom di bawah ini!
No Nama Usia Hubungan keluarga Ciri khas / sifat Hobi
1. ____ ____ _________________ _________________ _____
2. ____ ____ _________________ _________________ _____
3. ____ ____ _________________ _________________ _____
2. Bentuk-bentuk dukungan keluarga
Seperti telah disebutkan, saling menolong dan mendukung adalah hal mutlak yang diperlukan untuk membina keluarga yang harmonis. Berikut ini bentuk-bentuk yang dukungan yang dapat diberikan untuk mencapai hal tersebut.
a) Dukungan emosional (emotional)
adalah tingkah laku yang berhubungan dengan rasa senang, rasa memiliki, kasih sayang pada anggota keluarga, baik pada anak maupun orang tua, misalnya saja pengungkapan rasa empati, memelihara, penuh perhatian, mendengarkan, mengindahkan.
b) Dukungan penghargaan (esteem)
adalah tingkah laku yang berhubungan dengan penghargaan terhadap perbuatan pada anggota keluarga. Misalnya pengungkapan hal positif terhadap orang lain,”Alangkah cantiknya kamu hari ini” “Terima kasih, bantuan kamu sangat menolong Ibu” “Ayah hebat”, dorongan maju, persetujuan dengan gagasan atau perasaan seseorang, perbandingan positif antara orang tersebut dengan orang lain yang bertujuan meningkatkan penghargaan diri orang tersebut.
c) Dukungan instrumental atau nyata
(instrumental or tangibel); adalah tingkah laku yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan yang sifatnya materi, maupun tenaga. Misalnya saja uang jajan, makanan, materi, maupun tenaga, misalnya kamu membantu ibu mengisi bak mandi dengan air.
d) Dukungan informatif (informational)
adalah tingkah laku yang berhubungan dengan pemberian informasi dan nasehat. Misalnya Ayah memberi nasehat bagaimana bergaul yang baik, pengarahan, sugesti, atau umpan balik mengenai apa yang orang lain lakukan, misalnya adik melakukan kesalahan, maka kamu sebagai kakaknya menegur dan mengatakan apa yang sebaiknya dilakukan oleh adikmu.
Kegiatan 2
Tuliskanlah tindakan atau perilaku anggota keluargamu pada masing-masing bentuk dukungan.
Bentuk dukungan -------Tindakan -------Dilakukan oleh
Emosional ------------- ________ -------______________
Penghargaan ---------- ________ -------______________
Nyata ----------------- ________ -------______________
Informatif ------------- ________ -------______________
Kegiatan 3
Tuliskan pula bentuk dukungan yang kamu berikan pada anggota keluargamu
Bentuk dukungan -------Tindakan -------Dilakukan oleh
Emosional ------------- ________ -------______________
Penghargaan ---------- ________ -------______________
Nyata ----------------- ________ -------______________
Informatif ------------- ________ -------______________
3. Teman-temanku
Selain keluarga, lingkungan sosial terdekat lainnya adalah lingkungan teman sebaya, baik yang berasal dari lingkungan sekitar rumah, maupun dari lingkungan sekolah. Bahkan bisa jadi sekarang ini kamu lebih banyak menghabiskan waktu dengan mereka dibandingkan dengan keluargamu sendiri. Untuk itulah kamu juga perlu menyesuaikan diri dengan mereka, dimulai dengan lebih mengenal mereka satu persatu.
Kegiatan 4
Sebutkan beberapa nama teman yang paling dekat denganmu, baik di sekolah maupun di rumah, berikut beberapa keterangan tentang diri mereka. Bila kamu tidak mengetahui keterangan tersebut, tanyalah pada mereka. Hal ini akan menambah pengenalan kamu tentang teman-temanmu.
No Nama Usia Ciri khas / sifat Hobi Hal yang sering dilakukan bersama
1. ____ ____ _________________ ____ _______________
2. ____ ____ _________________ ____ _______________
3. ____ ____ _________________ ____ _______________
My Family and Friends
Tujuan :Setelah menyelesaikan kegiatan ini diharapkan :
- Siswa dapat mengenal karakteristik lingkungan sosialnya, baik di rumah maupun di sekolah
- Siswa dapat memahami keunikan tiap individu
- Siswa dapat memahami dan menghargai perbedaan di lingkungan sosialnya
Manusia tidak dapat hidup sendiri, karena manusia adalah mahluk sosial yang membutuhkan orang lain. Untuk dapat bertahan hidup, manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya. Lingkungan sosial mencakup lingkungan keluarga, teman-teman sebaya, sekolah, kemudian lebih luas lagi adalah lingkungan masyarakat. Untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial, maka seseorang dapat belajar mulai dari lingkungan keluarga terlebih dahulu sebagai lingkungan terdekatnya.
1. Keluargaku
Pada umumnya dalam suatu rumah tinggal keluarga inti yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Namun ada pula rumah yang ditinggali oleh keluarga besar, yaitu adanya kakek, nenek, paman, bibi, dan lainnya. Setiap orang yang tinggal dalam sebuah keluarga perlu untuk saling menolong dan mendukung satu sama lain agar dapat menjalani kehidupan keluarga yang harmonis. Untuk itu pengenalan akan setiap anggota keluarga menjadi hal yang sangat penting.
Kegiatan 1
Sebutkan nama-nama anggota keluarga yang tinggal di rumahmu berikut usia, hubungan keluarga (misalnya kakak, adik, nenek), ciri khas atau sifat (misalnya badannya tinggi, pendiam, senang ngobrol), dan hobi (misalnya membaca, main basket, memasak) masing-masing! Bila kamu tidak mengetahuinya, tanyakanlah pada mereka sebelum mengisi kolom di bawah ini!
No Nama Usia Hubungan keluarga Ciri khas / sifat Hobi
1. ____ ____ _________________ _________________ _____
2. ____ ____ _________________ _________________ _____
3. ____ ____ _________________ _________________ _____
2. Bentuk-bentuk dukungan keluarga
Seperti telah disebutkan, saling menolong dan mendukung adalah hal mutlak yang diperlukan untuk membina keluarga yang harmonis. Berikut ini bentuk-bentuk yang dukungan yang dapat diberikan untuk mencapai hal tersebut.
a) Dukungan emosional (emotional)
adalah tingkah laku yang berhubungan dengan rasa senang, rasa memiliki, kasih sayang pada anggota keluarga, baik pada anak maupun orang tua, misalnya saja pengungkapan rasa empati, memelihara, penuh perhatian, mendengarkan, mengindahkan.
b) Dukungan penghargaan (esteem)
adalah tingkah laku yang berhubungan dengan penghargaan terhadap perbuatan pada anggota keluarga. Misalnya pengungkapan hal positif terhadap orang lain,”Alangkah cantiknya kamu hari ini” “Terima kasih, bantuan kamu sangat menolong Ibu” “Ayah hebat”, dorongan maju, persetujuan dengan gagasan atau perasaan seseorang, perbandingan positif antara orang tersebut dengan orang lain yang bertujuan meningkatkan penghargaan diri orang tersebut.
c) Dukungan instrumental atau nyata
(instrumental or tangibel); adalah tingkah laku yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan yang sifatnya materi, maupun tenaga. Misalnya saja uang jajan, makanan, materi, maupun tenaga, misalnya kamu membantu ibu mengisi bak mandi dengan air.
d) Dukungan informatif (informational)
adalah tingkah laku yang berhubungan dengan pemberian informasi dan nasehat. Misalnya Ayah memberi nasehat bagaimana bergaul yang baik, pengarahan, sugesti, atau umpan balik mengenai apa yang orang lain lakukan, misalnya adik melakukan kesalahan, maka kamu sebagai kakaknya menegur dan mengatakan apa yang sebaiknya dilakukan oleh adikmu.
Kegiatan 2
Tuliskanlah tindakan atau perilaku anggota keluargamu pada masing-masing bentuk dukungan.
Bentuk dukungan -------Tindakan -------Dilakukan oleh
Emosional ------------- ________ -------______________
Penghargaan ---------- ________ -------______________
Nyata ----------------- ________ -------______________
Informatif ------------- ________ -------______________
Kegiatan 3
Tuliskan pula bentuk dukungan yang kamu berikan pada anggota keluargamu
Bentuk dukungan -------Tindakan -------Dilakukan oleh
Emosional ------------- ________ -------______________
Penghargaan ---------- ________ -------______________
Nyata ----------------- ________ -------______________
Informatif ------------- ________ -------______________
3. Teman-temanku
Selain keluarga, lingkungan sosial terdekat lainnya adalah lingkungan teman sebaya, baik yang berasal dari lingkungan sekitar rumah, maupun dari lingkungan sekolah. Bahkan bisa jadi sekarang ini kamu lebih banyak menghabiskan waktu dengan mereka dibandingkan dengan keluargamu sendiri. Untuk itulah kamu juga perlu menyesuaikan diri dengan mereka, dimulai dengan lebih mengenal mereka satu persatu.
Kegiatan 4
Sebutkan beberapa nama teman yang paling dekat denganmu, baik di sekolah maupun di rumah, berikut beberapa keterangan tentang diri mereka. Bila kamu tidak mengetahui keterangan tersebut, tanyalah pada mereka. Hal ini akan menambah pengenalan kamu tentang teman-temanmu.
No Nama Usia Ciri khas / sifat Hobi Hal yang sering dilakukan bersama
1. ____ ____ _________________ ____ _______________
2. ____ ____ _________________ ____ _______________
3. ____ ____ _________________ ____ _______________