Mengenal lingkungan dan tata tertib sekolah

29.3.08

Bab 1

Tujuan : Setelah menyelesaikan kegiatan ini diharapkan :
- Siswa dapat mengenal guru dan karyawan berikut tugas masing-masing
- Siswa dapat saling mengenal diantara sesama siswa di sekolah
- Siswa dapat mengetahui fasilitas yang tersedia di sekolah berikut penggunaannya
- Siswa dapat memahami tata tertib yang berlaku di sekolah


Selamat datang di

_____________________________________________
(Tuliskan nama sekolahmu dengan cara yang kreatif)

Mulai saat ini, kamu akan mencurahkan waktu, pikiran, dan tenagamu disini untuk menimba ilmu dan pengalaman! Sebelum menjalaninya, kamu perlu mengenal lebih dekat apa dan siapa yang akan kamu temui di sekolah ini.
Di sini kamu tidak sendiri, ada banyak pihak yang akan bersama-sama menjalani hari-harimu di sekolah ini. Agar kamu lebih mengenal dan memahami mereka, ikutilah beberapa kegiatan yang mengasyikkan berikut ini :

1. Kenal lebih dekat dengan ’Warga’ Sekolah
Siapakah yang disebut warga sekolah?
Mulai dari kepala sekolah, guru, karyawan, sampai dengan siswa siswi sekolah ini, merupakan warga sekolah yang akan kamu temui setiap hari. Ikutilah petunjuk berikut ini agar kamu bisa lebih mengenal mereka!

Kegiatan 1.
Isilah daftar di bawah ini paling sedikit dengan 15 nama guru dan karyawan sekolah dengan tugas berikut tanda tangan masing-masing. Ingatlah untuk tersenyum dan sopan saat kamu berkenalan dengan mereka!

No Nama Tugas Tanda tangan
1. -------- --------- ------------

2. -------- --------- ------------

3. -------- --------- ------------


Setelah berkenalan dengan guru dan karyawan sekolah, sekarang saatnya kamu lebih mengenal teman-temanmu, sesama siswa di sekolah ini, baik mereka yang duduk di kelas 1, 2 maupun 3.

Kegiatan 2
Isilah daftar berikut dengan nama, kelas, hobi, dan tanda tangan siswa siswi masing-masing minimal 10 orang untuk kelas 1, 2, dan 3. Sekali lagi, tersenyum dan jagalah sopan santun saat berkenalan dengan mereka!

No Nama Kelas Hobi Tanda tangan
1. ------ ----- ---- ------------

2. ------ ----- ---- ------------

3. ------ ----- ---- ------------


2. Kenal lebih dekat dengan Fasilitas Sekolah
Selain mengenal warga sekolah, kamu juga perlu mengetahui seperti apa kondisi sekolahmu, fasilitas apa saja yang bisa digunakan. Tentu saja kamu berkewajiban untuk menjaga seluruh fasilitas sekolah dengan baik, agar kegiatan belajarmu dapat berjalan lancar.

Kegiatan 3
Buka matamu lebar-lebar, amati kondisi sekolahmu dan tulislah fasilitas apa saja yang ada, bagaimana kondisinya, dan apa saja manfaatnya!

________________________________________________________

3. Kenal lebih dekat dengan Tata tertib Sekolah
Pernahkan kamu melihat seseorang membuat kue? Bagaimana caranya sejumput gula, mentega, tepung, dan beberapa butir telur bisa berubah menjadi kue yang lezat? Tentu ada cara-cara dan peraturan tertentu yang harus diikuti agar berhasil membuat kue tadi!
Lalu pernahkah kamu memperhatikan seseorang mengendarai sepeda motor? Bagaimana agar motor tersebut bisa berjalan dengan lancar? Tentu perlu bensin, oli, dan perawatan tertentu. Jika bensinnya diganti air atau sirup, bisakah motor itu jalan? Tentu tidak! Sudah menjadi peraturan yang harus diikuti agar motor bisa jalan, maka diperlukan bensin untuk bahan bakarnya. Jika peraturan diikuti maka motor dapat jalan, tidak diikuti motor tak bergeming, mogok bahkan bisa jadi rusak!
Jikalau membuat kue ada peraturannya, menjalankan motor pun sama, demikian pula dengan sekolah. Untuk menjalani proses pembelajaran di sekolah, ada peraturan yang perlu kamu ikuti agar dapat berjalan dengan lancar. Tentu saja peraturan dibuat bukan untuk menyusahkanmu, namun sebaliknya untuk mempermudah kamu dalam melakukan tugasmu sebagai seorang pelajar! Untuk itu, pelajari dan pahami peraturan yang terangkum dalam tata tertib sekolah, baik berupa hal-hal yang wajib kamu lakukan maupun larangan-larangan yang harus kamu patuhi, berikut dengan konsekuensi yang berlaku.

Kegiatan 4
Bacalah tata tertib sekolahmu!
Tuliskan kewajiban dan larangan beserta konsekuensinya yang paling menarik bagimu, ungkapkan pendapatmu tentang hal tersebut, serta apa manfaatnya bagi siswa dan sekolah!

__________________________________________________________