Area Layanan Pusat Konseling (Puskon)

13.2.08

Bimbingan :
Pemberian bantuan psikologis bagi siswa baik secara individual maupun kelompok dalam membuat pilihan-pilihan secara bijaksana dan dalam mengadakan penyesuaian diri terhadap tuntutan-tuntutan hidup.
Konseling :
Pusat kegiatan bimbingan, berupa pertemuan/diskusi/pembicaraan antara konselor dengan satu orang/klien (individual counseling) atau beberapa orang (group counseling) yang bertujuan untuk mencari penyelesaian terhadap masalah/kesukaran yang dihadapi klien.

Early Talent Scouting
Penelusuran bakat dan minat siswa sejak dini dengan mengindahkan Multiple Intelligences atau kecerdasan majemuk masing-masing yang diselenggarakan pada tiap jenjang pada pendidikan dasar terpadu (Kelompok Bermain – TK – SD – SMP).


Bina Karakter
Pembinaan karakter sejak dini dan berkesinambungan
- My Little Step
- Art and Character Education
- B+ program

Mengembangkan karakter siswa melalui pembiasaan, bimbingan dan keteladanan. Menumbuhkan nilai-nilai positif universal yang berlaku dalam komunitas dalam kegiatan pembelajaran.

Aktualisasi Potensi Peserta Didik
Menyelenggarakan kegiatan yang menjadi wadah aktualisasi peserta didik sesuai dengan potensi masing-masing dengan mengindahkan kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences) serta bekerja sama dengan pihak terkait dalam pelaksanaannya.
Data Base
Penyimpanan dan pengolahan data, yang terdiri dari data siswa, data kegiatan, data jaringan serta data lain yang terkait dengan program dan kegiatan Pusat Konseling. Data siswa dari jenjang sebelumnya menjadi informasi dalam melanjutkan proses bimbingan dan konseling pada jenjang berikutnya

Networking
Menjalin relasi dengan berbagai pihak dan instansi atau lembaga, baik pemerintah maupun swasta yang terkait untuk mengembangkan kerja sama dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.
I.Intern : FAST PROGRAM (Family and School Together)
I.Ekstern : WIN-WIN Link

Seminar dan Pelatihan
Mengadakan pertemuan dalam rangka memberikan informasi, motivasi, inspirasi, dan keterampilan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mengaktualisasikan potensi para peserta didik secara optimal.

Penelitian
Melakukan pengamatan, merumuskan masalah, membuat hipotesis, mengumpulkan data, mengolah data, menguji hipotesis, membuat kesimpulan dan saran / aplikasi yang relevan.
Hasil penelitian digunakan untuk pengembangan program dan peningkatan mutu layanan Pusat Konseling serta memberi masukan pada pihak sekolah dan pihak-pihak lain yang terkait.

Literatur
Mengumpulkan dan membuat karya-karya literatur, berupa tulisan yang dapat memberikan informasi, inspirasi, motivasi, dan pencerahan bagi pembacanya, baik siswa, guru, mau pun
orang tua siswa. Karya literatur dapat merupakan karya siswa, guru, mau pun saduran
dari berbagai sumber.

Kegiatan Pengembangan
Mengembangkan program Pusat Konseling berdasarkan kajian atau temuan baru yang relevan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu layanan Pusat Konseling.
Kegiatan pengembangan ini juga menerapkan prinsip life long education (belajar sepanjang hayat) dan mengembangkan life skills yang terus menerus diperbaharui mengantisipasi perkembangan yang terjadi.





Posted by Pusat Konseling at 2/13/2008 11:51:00 AM